- Landasan Filosofis
- Progresivisme
•
Proses pembelajaran perlu ditekankan pada pembentukan kreatifitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah
(natural), dan memperhatikan
pengalaman siswa
- Konstruktivisme
•
Anak
mengkonstruksi pengetahuannya melalui interaksi dengan obyek, fenomena, pengalaman dan lingkungannya.
- Humanisme
•
melihat
siswa dari segi keunikan/kekhasannya, potensi, dan motivasi yang dimilikinya
- Landasan Psikologis
- Psikologi perkembangan
untuk menentukan tingkat keluasan dan kedalamannya isi sesuai dengan
tahap perkembangan peserta didik
- Psikologi belajar untuk
menentukan bagaimana isi/materi pembelajaran disampaikan kepada siswa dan
bagaimana pula siswa harus mempelajarinya
- Landasan Yuridis
- UU No. 23 Tahun 2002
tentang Perlindungan Anak
- UU No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan
Nasional
- INPRES N0. 1 Tahun 2010
tentang Peningkatan Mutu Pendidikan
Artikel Terkait:
0 komentar: