• Landasan Pembelajaran Tematik


    • Landasan Filosofis
      • Progresivisme
          Proses pembelajaran perlu ditekankan pada pembentukan kreatifitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah (natural), dan memperhatikan pengalaman siswa
      • Konstruktivisme
          Anak mengkonstruksi pengetahuannya melalui interaksi dengan obyek, fenomena, pengalaman dan lingkungannya.
      • Humanisme
          melihat siswa dari segi keunikan/kekhasannya, potensi, dan motivasi yang dimilikinya

    • Landasan Psikologis
      • Psikologi perkembangan untuk menentukan tingkat keluasan dan kedalamannya isi sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik
      • Psikologi belajar untuk menentukan bagaimana isi/materi pembelajaran disampaikan kepada siswa dan bagaimana pula siswa harus mempelajarinya
    • Landasan Yuridis
      • UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak
      • UU No. 20 Tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional
      • INPRES N0. 1 Tahun 2010 tentang Peningkatan Mutu Pendidikan

    Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar