• Ramadhan Tlah Tiba, Hatiku Gembira



    Assalamualaikum Wr.Wb

    Apa kabar sobat remaja muslim? Semoga kita semua semakin sehat, pintar dan tentunya semakin dekat kepada Allah Swt, Amin.

    Nggak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh rahmat dan bulan yang dinanti-nanti, yaitu bulan Ramadhan. Sobat muda muslim tentunya sudah kangen banget dengan bulan penuh berkah ini, ya nggak? Tuh ada yang bilang kangen buka bersama keluarga, kangen sama kolak emak, kangen es cendol, atau kangen main kembang api dan petasan setelah tarwih. Waduh, jangan main petasan ya! Bahaya dan mengganggu ketenangan saudara-saudara kita!

    Bulan Ramadhan memang sangat indah. Dalam bulan ini kita memiliki kesempatan sebesar-besarnya untuk mendelete seluruh dosa kita dan mendownload pahala serta bonus yang diberikan oleh Allah secara gratis dan berlipat-ganda.

    Inilah bulan yang kita tunggu-tunggu. Bulan Ramadhan. Di siang harinya kita melakukan ibadah puasa dan malamnya kita hiasi dengan ibadah sholat tarawih. Pahalanya? Nggak tanggung-tanggung! Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari Muslim disebutkan bahwa barang siapa yang mengerjakan ibadah puasa dan menghidupkan malam Ramadhan dengan sholat tarwih semata-mata untuk mengharapkan ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu. Mau dong dosa-dosa kita yang udah bejibun itu diampuni?

    Di bulan Ramadhan ini Allah memberikan pahala yang berlipat kepada hamba-Nya yang ikhlas beribadah. Karena itu sobat remaja, inilah kesempatan kita untuk memperbanyak ibadah dan amal kebajikan. Yok semangat!


    Keutamaan Bulan Ramadhan
    Sobat remaja muslim yang baik, bulan Ramadhan memiliki beberapa keutamaan dibandingkan bulan lain. Keutamaan itu diantaranya Ramadhan  merupakan bulan diturunkannya Alquran yang menjadi pedoman hidup kita. Firman Allah pertama kali turun kepada nabi Muhammad Saw pada tanggal 17 Ramadhan. Oleh sebab itu di bulan ini kita dianjurkan memperbanyak membaca Alquran. Kalau bisa khatam 30 juz itu lebih bagus lagi.

    Keutamaan selanjutnya adalah di bulan ini setan-setan dibelenggu, pintu-pintu syurga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Di bulan Ramadhan juga terdapat malam lailatul qadar. Ibadah pada malam ini lebih baik daripada ibadah seribu bulan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits,

    Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu: Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memberi khabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda, "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa." (HR. Ahmad dan An-Nasa'i)

    Karena itu, yuk kita memperbanyak ibadah dan amal kebajikan di bulan ini!

    Keutamaan lainnya, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum daripada minyak kesturi. Jadi sobat nggak usah cemas kalau mulutnya agak bau saat sedang berpuasa, sebab di sisi Allah dan di akhirat kelak bau mulut kita lebih wangi dari minyak kesturi. Tapi tetap gosok gigi ya!

    Tak Sekedar Menahan Lapar dan Haus
    Sobat remaja yang disayangi Allah. Di bulan Ramadhan kita diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh, sebagaimana firman Allah dalam surat Albaqarah ayat 183 yang artinya:
    Hai orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa"

    Puasa itu sendiri adalah menahan lapar dan minum dan segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan syarat dan rukun tertentu.  
    Orang yang berpuasa karena Allah akan mendapatkan pahala yang besar. Mereka mendapatkan dua kegembiraan, yaitu kegembiraan saat berbuka dan kegembiraan saat melihat Allah kelak.

    Sobat, dalam puasa kita nggak sekedar menahan lapar dan haus. Tetapi juga menahan hawa nafsu dari perbuatan yang tidak baik. Misalnya, menahan diri biar ga marah-marah, menahan diri agar tidak bergunjing, tidak berkata kotor, tidak menonton film-film yang kaga bener dan lain sebagainya.

    Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda:
    "Apabila pada hari seseorang di antara engkau semua itu berpuasa, maka janganlah ia bercakap-cakap yang kotor dan jangan pula bertengkar. Apabila ia dimaki-maki oleh seseorang atau dilawan bermusuhan, maka hendaklah ia berkata: "Sesungguhnya saya adalah berpuasa." (Muttafaq 'alaih)
    But, nggak berarti di luar bulan Ramadhan semua itu boleh dilakukan! Justru di  bulan Ramadahan inilah kita melatih diri untuk memperbanyak amal kebajikan dan menahan diri dari perbuatan buruk yang dilarang Allah sehingga menjadi kebiasaan untuk bulan- bulan berikutnya.

    So, jangan sampai dalam berpuasa kita cuma dapat lapar dan hausnya sementara pahalanya habis atau berkurang gara-gara perbuatan jelek yang kita lakukan.

    Ramadhan Datang, Maksiat Tetap Jalan?
    Sobat yang baik, mungkin ada yang bertanya-tanya, kan di bulan Ramadhan setan-setan pada dirantai, tapi kok kemaksiatan tetap merajalela? Ada yang berjudi, ada yang minum-minuman keras dan ada yang pergi ke tempat hiburan malam pada bulan Ramadhan. Kalau buat remaja nih, ada yang tetep pacaran di bulan Ramadhan, ada pula istilahnya asmara tarwih dan asmara subuh. Ada-ada aja! Semoga sobat yang lagi baca bukanlah aktivis asmara tarwih dan asmara subuh.Hehe

    Lalu kira-kira gimana tuh?

    Ini sih penyebabnya kita sendiri yang lepasin ikatan setan itu. Kan tadi dalam hadits dibilangin kalau di bulan Ramadhan setan-setan dibelenggu. Tapi sebagian umat Islam malah dengan senang hati melepaskan belenggu setan itu dengan kemaksiatan yang mereka lakukan. Belenggu setan dalam dirinya itu lepas akibat hawa nafsunya mengalahkan keimanan kepada Allah Swt. Jadi kalau sobat ga pengen belenggu si setan lepas, jangan turutin hawa nafsu, tapi perbanyaklah ibadah kepada Allah dan tingkatkan ketakwaan kepada-Nya.

    Ramadhan adalah bulan suci yang didalamnya penuh rahmat dan ampunan. Inilah kesempatan kita untuk mohon ampun atas segala dosa dan mencari pahala sebanyak-banyaknya dari Allah Swt. Karena itu sobat, bulan suci jangan dinodai dengan maksiat. Masa, di bulan suci ngabuburit sambil kencan sama pacar. Terus ada acara asmara tarwih dan asmara subuh segala. Mana kusyu’ tuh ibadahnya? Atau jangan-jangan bukannya pahala yang didapat tapi malah tambah dosa. Justru seharusnya dengan berpuasa kita lebih bisa mengendalikan nafsu syahwat kita.

    Sobat remaja muslim yang dirahmati Allah, kayanya ga bakal habis tulisan ini untuk membahas semua keutamaan bulan Ramadhan secara detail saking banyaknya. Yang pasti kita semua kudu bahagia menyambut bulan yang indah dan penuh berkah in. Ramadhan tlah tiba, Ramadhan tlah tiba! Hatiku gembira!

    Semoga dengan ibadah yang kita lakukan Allah mengangkat kita pada derajat takwa. Amin! Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa sobat sekalian, mohon maaf lahir dan bathin!
    ***




    (Status Artikel : Ga diterbitkan, kata pengelolanya kepanjangaaaan :D )

    Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar