Strategi ini digunakan untuk melibatkan siswa
dalam proses pembelajaran secara aktif dari awal sampai akhir. Dengan strategi
ini siswa diharapkan dapat terlibat dalam pelajaran dan tetap mempunyai
perhatian ketika guru menyampaikan materi.
Pertama kali siswa diminta untuk menebak apa
yang akan muncul dalam topic tertentu. Selama penyampaian materi, siswa
dituntut untuk mencocokkan hasil tebakan mereka dengan materi yang disampaikan
oleh guru.
Langkah-langkah:
1. Tentukan
topik yang akan disampaikan
2. Bagi
siswa kedalam kelompok-kelompok kecil
3. Guru
meminta siswa untuk menebak apa saja yang kira-kira akan mereka dapatkan dalam pelajaran
4. Siswa
diminta untuk membuat perkiraan itu di dalam kelompk
kecil
5. Sampaikan
materi pelajaran secara interaktif
6. Selama proses pembelajaran siswa diminta untuk
mengidentifikasi tebakan mereka yang sesuai dengan materi yang anda sampaikan
7. Di akhir pembelajaran, tanyakan berapa jumlah tebakan mereka yang
benar
Strategi ini dapat
diterapkan untuk hampir semua mata pelajaran. Kelas akan menjadi dinamis jika
diadakan kompetisi antar kelompok untuk mencari kelompok dengan predikdi yang
paling banyak benarnya.
Artikel Terkait:
0 komentar: